1.
Pelaksanaan
APBD Tahun Anggaran 2019 Berbasis Akrual dan Penatausahaan Pertanggungjawaban
Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan.
2.
Tata
Cara Proses Penuntutan Penggantian Kerugian Daerah, serta Penghapusan Piutang
Kerugian Daerah Sesuai PERMENDAGRI No. 133 Tahun 2019 tentang Penyelesaian
Tuntutan Ganti Kerugian Daerah Terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara dan
Pejabat Lain.
3.
Perencanaan,
Penganggaran, Pelaksanaan, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan
keuangan Daerah Bagi PA, PPK SKPD, PPTK dan Bendahara SKPD Sesuai Dengan
Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan
Daerah
4.
Pedoman
Tata Cara Penyusunan RENSTRA dan RENJA Perangkat Daerah Sesuai PERMENDAGRI No
86 Tahun 2017 Tentang Penysunan Dokumen Perencanaan Pemerintah Daerah
5.
Pelaksanaan,
Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2019
6.
Transformasi
Proses Mekanisme Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Berbasis Kas
Menjadi Berbasis Akrual
7.
Transformasi
Proses Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 Berbasis Kas Terkait Dengan Standar
Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual.
8.
Tata Cara Pengelolaan
Keuangan Bagi Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran, Serta Strategi
Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban dan Penyampaiannya.
9.
Tata Cara Penatausahaan
Anggaran Kas Melalui Dana Transfer, dan Penatausahaan Kas Dalam Penerapan
Belanja Langsung, dan Belanja Tidak Langsung.
10. Langkah-Langkah Percepatan Implementasi Transaksi Non Tunai.
11. Sosialisasi Transaksi Non Tunai Dan Konfirmasi Status Wajib Pajak Dalam
Pemberian Layanan Publik Tertentu di
Lingkungan Pemerintah Daerah.
12. Tata Cara Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah
Daerah
13. Implementasi Transaksi Non Tunai Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.
14. Pedoman Penyusunan Laporan Akuntabilitas
Kinerja Instansi Pemerintahan ( LAKIP ) Berdasarkan Peraturan MENPAN Dan RB No.
53 Tahun 2014
15. Tata cara Mengantisipasi Pemeriksaan Oleh BPK – RI, serta Sistem
Pengendalian Internal dan Eksternal Pemerintahan Daerah.
16. Tata Cara Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
dan Standar Akuntansi Pemerintahan Sebagai Wujud Reformasi Keuangan Daerah.
17. Tata Cara Pengelolaan Keuangan Daerah dan Proses
Akuntansi Bagi PPK dan Bendaharawan SKPD Sesuai Dengan Peraturan Pemerintah No.
12 Tahun 2019.
18. Tata Cara Penganggaran, Penatausahaan, dan
Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Perjalanan Dinas Sistem At Cost.
19. Peningkatan Tata Kelola, dan
Pertanggungjawaban Bendahara SKPD, Tupoksi Pejabat Penatausahaan Keuangan ( PPK
) SKPD, Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR), serta
Antisipasi Pemeriksaan Terhadap Bendaharawan ( Uang / Barang ).
20. Menyusun dan Menyajikan LKPJ dan LKPD
Menjadi Laporan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Yang Akuntabel dan Profesional.
21. Persiapan Audit Keuangan, Aset, dan
Kinerja Menuju Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) Tahun Anggaran 2016.
Sistem Pengendalian Internal,dan Eksternal PEMDA.
22. Pelaporan LAKIP, RENSTRA, Serta Penyusunan
RENJA dan Pencapaian Kinerja SKPD Berdasarkan
PERMENPAN dan RB No. 53 Tahun 2014.
23. Standar Umum, Pelaksanaan dan Pelaporan
Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan
Tertentu (PDTT) .
24. Proses Pembukuan, Pendataan, Verifikasi,
dan Pertanggungjawaban, Serta Pelaporan Keuangan Daerah di Lingkungan SKPD.
25. Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN)
Berdasarkan Peraturan BPK-RI Nomor 01 Tahun 2017.
26. Pengelolaan Keuangan Bagi Bendahara
Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran, Serta Strategi Penyusunan LPJ dan
Penyampaiannya.
27. Implementasi PERMENDAGRI No. 38 Tahun 2018
Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019, Serta Pelaksanaan dan
Pertanggungjawabannya.
28. Analisa Standar Biaya Umum Tahun 2019
Serta Mekanisme Pemotongan, Pemungutan, dan Penyetoran Pajak Yang Dilakukan
Oleh Bendahara Pengeluaran SKPD / Kuasa BUD.
29. Tertib Administrasi Pemerintah Daerah
Terkait LAKIP, RENSTRA, Manajemen Aset, dan Pengelolaan Keuangan Bendahara
Pengeluaran SKPD. Serta Penerapan Berbasis Akrual Dalam Laporan
Pertanggungjawaban PEMDA.
30. Penguatan Kapasitas Bendaharawan Terkait
Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan Daerah, Tatacara Perjalanan Dinas,
Perpajakan, serta Antisipasi Audit BPK-RI.
31. Sosialisasi dan Implementasi Peraturan
Menpan dan RB No 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja,
Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.
32. Sistem Penatausahaan Adminstrasi Pimpinan
Yang Efektif dan Efisien Berdasarkan, Undang-Undang No 30 Tahun 2014 Tentang
Adminsitrasi Pemerintahan.
33. Tata Cara Pelaporan LKPD dilingkungan
Pemerintahan Daerah dan Penyampaian Pertanggungjawaban,Kepala Daerah Kepada
DPRD Berdasarkan UUD No. 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara, Serta
Implementasi PERMENDAGRI No. 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019.
34. Prosedur Penatausahaan Dana APBN Yang
Dikelola Oleh Pemerintah Daerah dan Pertanggungjawabannya Oleh Bendahara
Pengeluaran.
35. Pedoman Penyusunan LAKIP Berdasarkan
Peraturan Menpan No.53 Tahun 2014
36. Standar Umum, Pelaksanaan dan Pelaporan
Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan
Tertentu.
37. Implementasi PERMENDAGRI No. 38 Tahun 2018
tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun
Anggaran 2019 dan Penerapan Standar Biaya Masukan Tahun 2019 Berdasarkan PMK No
32/PMK.02/2018, serta Standar Biaya Keluaran Tahun 2019 Berdasarkan PMK No.
69/PMK.02/2018.
38. Rekonsiliasi dan Verifikasi Terhadap
Laporan Pertanggungjawaban Bendahara SKPD.
39. Analisa Biaya Masukan dan Keluaran Tahun
2019 Serta Mekanisme Pemotongan, Pemungutan dan Penyetoran Pajak Yang Dilakukan
Oleh Bendahara Pengeluaran SKPD / Kuasa BUD.
40. Penatahausahaan dan Pengeolaan Keuangan
Daerah Serta Sistem Pelaporan Berbasis Akrual Berdasarkan Permendagri No. 64
Tahun 2013.
41. Proses Penganggaran, Pencairan, Pertanggungjawaban
Belanja BANSOS dan Hibah Sesuai Dengan Perundang-undangan yang Berlaku.
42. Tata Cara Pengelolaan Transaksi Keuangan
Oleh Bendahara Pengeluaran UP,GU,TU Dengan Penyajian Laporan Dengan Sistem
Akrual.
43. Tata Cara Pengelolaan Transaksi Keuangan
Oleh Bendahara Pengeluaran Dengan Penyajian Laporan Dengan Sistem Akrual.
44. Pemeriksaan dan SOP Penyusunan Laporan
Pemeriksaan Reguler dan Khusus Pada Inspektorat, Serta Pedoman Penyusunan
Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Sebagai Perwujudan Pelaksanaaan Permendagri
57 Tahun 2007.
45. Prosedur Penatausahaan Dana APBN Yang
Dikelola Oleh Pemerintah Daerah dan Pertanggungjawabannya Oleh Bendahara
Pengeluaran.
46. Tata Cara Penerapan Standar Akuntansi
Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Berdasarkan PERMENDAGRI 64
Tahun 2013.
47. Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, dan
Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah
48. Pedoman Penyusunan RENSTRA SKPD
49. Proses Laporan Keuangan dan Perpajakan di
Lingkungan SKPD
50. Tata Cara Penyusunan Laporan Pertangungjawaban
Keuangan dan Penyusunan LAKIP
51. Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Daerah
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019
52. Penerapan Permendagri No.20 Tahun 2018
Tentang Pengelolaan keuangan Desa
53. Manajemen Resiko Kebijakan Anggaran
54. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan APBD
2019
55. Tata Cara Pelaporan dan Pertanggungjawaban
Keuangan Daerah Berdasarkan PP No. 12
Tahun 2019
56. Tata Cara Pengelolaan Pajak bagi Belanja
yang Bersumber dari APBD
57. Analisis Standar Biaya di Lingkungan
Pemerintah Daerah
58. Implementasi dan Penerapan transaksi non tunai pada pemerintah
kabupaten/kota yang diatur dalam Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor
910/1867/SJ.
59. Tata Cara Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang
dilengkapi dengan pengadaan Barang dan Jasa di Desa dan audit Pemeriksaan BPK
terhadap Pengelolaan Keuangan Desa
60. Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri dan Penerimaan Hibah ( pp No.
10 Tahun 2011
61. Tata Cara Menghitung Biaya Iuran, Klaim Dan Pemberian Jaminan Kecelakaan
Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Berdasarkan PP
No.70 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan PP No 66 Tahun 2017
62. Mekanisme Pengelolaan Hibah (PMK Nomor 191/PKM.05/2011)
63. Pedoman Teknis Pemberian Dana Hibah dan Bantuan Sosial
0 comentários:
Posting Komentar